Blog dan Vlog

Dunia blogging saat ini sudah mulai ditinggalkan. Dulu orang banyak berceloteh di blog. Namun akhir-akhir ini keberadaan blog lebih banyak ke artikel2 yang sifatnya longterm alias bisa dimanfaatkan untuk jangka panjang. Jarang sudah kita temukan blogger yang curhat atau ngomongin opini kondisi terbaru lewat blognya.

blog-dan-vlog

Sementara itu, di dunia Vlog atau Video Blog, justru makin banyak kita temui hal-hal yang dulu banyak di dunia blogger. Kita bisa temukan banyak banget vlogger yang bikin video opini, curhat atau sekedar jalan-jalan santai. Hal-hal ringan yg dulu banyak di blog sekarang telah berpindah ke Vlog.

Apakah ini berarti era blog telah ditinggalkan? Jika yang dimaksud era blog itu sebagai era blogger dengan konten ringan, nampaknya iya. Tapi secara penggunaan, justru blog makin naik kelas.

Sekarang blog sudah banyak berubah fungsi, mulai sebagai portal berita, toko online, web video atau video blog, review blog atau bahkan tutorial blog seperti blog ini. Kontennya semakin berkualitas dan semakin mendidik.

Meski begitu, gak ada salahnya lho anda menggabungkan keduanya. Misalnya anda nge-vlog lalu videonya dipasang di blog pribadi dan di vlog, anda masukkan URL blog anda. Toh, walaupun nge-vlog menggunakan youtube, ada banyak keterbatasan di sana kan? Misalnya anda hanya ingin share beberapa foto galeri, masak harus dibikin video dulu. Kan lebih praktis jika menggunakan blog.

Maka, mari kita menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Buatlah video walau hanya dengan bekal kamera china ratusan ribu. Lalu setelah diupload, segera pasang juga di blog anda. Siapa tahu bisa bikin channel-mu tambah rame… Happy Vlogging!!

Dicari dengan kata kunci:

Oke Google kapan saya jadi press,opini tentang vlog