Kesalahan Fatal Saat Memilih Hosting


Memiliki website yang bagus, harus didukung oleh hosting yang bagus pula. Jika kedua hal ini tidak selaras, maka anda tidak akan mampu memberikan sajian terbaik bagi pengunjung web. Berikut ini adalah beberapa kesalahan fatal saat memilih hosting

Kesalahan Fatal Saat Memilih Hosting

  1. Gagal Menyadari Keselamatan Uang Anda
    Kecuali anda memakai hosting gratis, maka anda perlu mengetahui bagaimana cara mendapatkan jaminan uang kembali. Pelajari dengan baik syarat dan ketentuan untuk mendapatkan uang anda kembali apabila ternyata hosting yang anda beli tidak sesuai dengan tawaran yang diberikan.
  2. Gagal Menentukan Kebutuhan Hosting Anda
    Anda harus tahu berapa besar kebutuhan dari website yang akan anda jalankan. Dengan demikian anda tidak salah dalam memilih paket hosting. Setidaknya anda perlu mengetahui 4 hal ini:

    • Besar Space Hosting (ukuran file website ditambah gambar-gambar dan databasenya)
    • Besar Bandwidth (tentukan berapa pengunjung yg anda targetkan kali besarnya website)
    • Kemampuan mengirim email (Jika anda membutuhkan fasilitas untuk mengirimkan email, maka pastikan hosting anda menyediakan fasilitas itu. Tanyakan juga batasannya sampai berapa email per hari)
    • Anda juga perlu tahu apakah paket hosting yang anda pilih, dapat diupgrade lagi di masa mendatang dan bagaimana prosedurnya.
  3. Menggunakan harga sebagai patokan
    Harus disadari bahwa anda tidak bisa membandingkan hosting yang satu dengan hosting yang lain hanya dengan berpatokan pada harga. Karena dengan harga yang sama, boleh jadi kualitas salah satu hosting bisa lebih baik. Spesifikasi hosting haruslah jadi perhatian utama saat membeli hosting
  4. Mengabaikan Faktor Keamanan
    Apabila web yang anda buat hanya sekedar tulisan ringan atau sekedar halaman sederhana tanpa perlu menyimpan data-data penting, mungkin hal ini tidak terlalu anda butuhkan. Namun, jika anda butuh menyimpan data yang sensitif seperti data kartu kredit atau data login bank, maka anda butuh keamanan ekstra seperti SSL.
  5. Menggunakan Hosting Gratis
    Walau tidak semua hosting gratis itu buruk, tapi tetap anda harus waspada saat menggunakan hosting gratis. Kalau saya biasanya menggunakan hosting gratis hanya untuk ujicoba script saja. Beberapa hal yang biasanya terjadi di hosting gratis adalah:

    • Kecepatan load yang rendah. Semakin banyak member di hosting tersebut, biasanya kecepatannya akan semakin berkurang
    • Munculnya Iklan dari pihak ketiga
    • Tidak mampu menjalankan beberapa script
    • Tidak dapat meningkatkan kapasitas web jika suatu saat ramai
  6. Tidak membaca review dari pengguna lain
    Review dari pengguna lain sangatlah penting dalam memilih hosting. Cobalah luangkan waktu untuk mencari tahu apa saja kekurangan dan kelebihan hosting yang akan anda pilih. Biasanya mereka yang kecewa dengan suatu hosting akan menuliskan di website atau social medianya
  7. Gagal Memperhatikan Batasan Hosting
    Bila anda memilih hosting, maka anda perlu tahu batasan-batasan yang ditentukan oleh penyedia hosting. Biasanya mereka meletakkan batasan-batasan ini di halaman tertentu. Tapi anda bisa juga langsung bertanya kepada support service-nya

Itulah beberapa hal yang harus anda hindari saat membeli hosting. Dengan demikian anda tidak akan kecewa di kemudian hari hanya gara-gara hosting anda tidak sesuai dengan kebutuhan anda.

Dicari dengan kata kunci:

space hosting tidak eesuai saaat beli