Membangun WP Theme: index.php

Oke, inilah pertemuan ketiga kita dalam sharing cara membangun theme WordPress sendiri. Ini masih tingkat basic sehingga kita sama sekali belum mengutak-atik design sama sekali.

Setelah sebelumnya kita bahas soal pembuatan folder, dan penamaan theme melalui style.css, kita akan melangkah ke bagian yang lebih rumit sedikit yaitu file index.php. File ini bekerja sebagai pengatur apa saja yang ingin kita tampilkan di blog. Jadi ibaratnya gini, index.php itu mengatur pasukannya, dan style.css mengatur seragamnya. Paham kan?

Semua file theme menggunakan bahasa PHP, dan tentu saja bisa disusupi tag HTML mengingat hasil akhirnya nanti juga berupa HTML setelah diproses di server. Anda bisa pelajari lebih dalam soal PHP di http://www.php.net. Kita akan langsung saja mengisi file index.php yang sudah kita buat kemarin tapi masih kosong.

Untuk awalnya, kita isi dengan standart HTML biasa seperti ini:

<html>
   <head>
      <title>Judul Blog</title>
   </head>
   <body>
      <h1>Judul Artikel</h1>
      <p>Artikel yang ingin dimunculkan</p>
   </body>
</html>

Simpan dan coba buka blog anda. Seharusnya sekarang sudah muncul tulisan kan? Nah, itulah caranya memunculkan tulisan di blog melalui theme. Anda bisa gunakan perintah PHP dan tag HTML apapun disini. Suka-suka aja.

Artikel berikutnya kita akan mulai mendesign blog kita. Ditunggu yah.. šŸ™‚

Dicari dengan kata kunci:

cara membuat index PHP,membuat index php,wp theme,yhs-ddc_bd,apa itu index php,cara membuat file index php,index php adalah,cara buat index php,membuat file index php,membuat theme wp sendiri

54 thoughts on “Membangun WP Theme: index.php

  1. grandchief

    Mantap mas,awalnya saya kurang begitu paham tentang PHP dan ternyata PHP bisa di kombinasikan dengan HTML ibaratnya PHP itu pembuat perintahnya,kalau gak salah sich,tapi terkadang masalahnya kalau jarang latihan sering lupa juga dengan beberapa kodenya šŸ˜€

    1. admin Post author

      HTML itu ibarat nasi goreng. PHP itu resep mengolah bahan menjadi nasi goreng.

      Pengunjung tahunya udah jadi nasi goreng (HTML), sementara bagaimana bahan-bahan itu bisa jadi nasi goreng adalah tugas PHP

  2. Nurjaman

    Dikit dikit lama-lama jadi bukit, ditunggu Mas selanjutnya. Puyeng juga siih, tapi walaupun saya gak bisa ngomong bahasa jawa, paling tidak faham maksudnya. Begitupun dengan bahasa php dan html. Hatur nuhun.

  3. Ansen

    Mas Lutvi, nanya nih cara munculin parent category yang ada di menu header twenty ten gmn ya? biasanya kalo di sorot pake mouse bisa muncul, tapi tuk theme ini saya kesulitan

  4. john kova

    gan, spasi yang banyak sekali diantara dan itu pengaruh g ke theme nantinya? Umpama ganti alenia kita pake enter atau gitu bisa ndak. Maaf gan, blogger amatiran..tapi bagaimanapun juga pngn pinter. Tak ada kata terlambat kan untuk belajar?

  5. cahyoherdian

    wah… akhirnya menemukan web yang baik hati ini. Makasih sharingnya mas, saya kebetulan baru 6bulan ini belajar wordpress, terutama themes developing. Kalo bisa sharing juga donk bikin theme pake framework misalkan thematic dsb… Terima kasih.

    1. Lutvi Avandi Post author

      Nah itu, istilah framework sendiri saya masih bingung. Maksudnya apa ya? Lihat-lihat theme yang katanya pakai framework kok nggak jauh beda sama theme lain. Bedanya dia bisa di costumize aja lebih mudah

  6. Panghaidar

    Heheehe it’s work! sya coba susun semua file php di folder yg sama, header.php, page.php etc, pdhal belum ada isinya, eh ternyata tulisannya ga tampil, pas dikosongin foldernya jadi cuma ada screenshot, style.css ma index.php doang akhir muncul juga tuh tulisan.. laporan selesai..hehe. Hatur nuhun Kang Lutvi

  7. rinaldi

    Mas Luvti, makasih banyak ya, niche info…., sebab baru ini saya nemui blog yang baik hati mau sharing ilmu buat web ala wordpress mulai dari nol…, semoga Allah memberikan balasan keberkahan atas kemurahan hati Mas.

    Terus berkarya buat kami anak bangsa yang haus akan ilmu blog…

    Salam Sukses

    Rinaldi

  8. DC

    kok g bisa yah gan ?? d WP 3.3.1 stelah masukin isi index.php sesuai sperti d atas, pas saya refresh page dy tidak muncul apa2..
    saya sudah pastikan langkah di atas dan sebelumnya benar.. malah sampai 2 hari..
    T_T

    so sup ?

  9. thoserba ikln baris SEO

    gan..dari semalam saya pelajari tutorial2 di blog ini.coz menurut saya sangat bermamfaat. saya cari cari tutorial yang bisa auto posting via email di wordpress.
    apa saja yg harus ditambah?dan disetting?dan cara buat email pengeposan lewat menu mana?apa email dari webhosting?
    jika sudi memberikan tutorialnya .saya mohon kirim ke email saya
    raja.colek@yahoo.com.
    teimakasih

  10. hendri

    kalo kita mau memasukkan kode widget html dicampurkan ke php gimana sob.? memang sukses jika diupdate,,tp apa pengaruh nya terhadap blog kita sob..?

  11. muafa

    maaf, apa tutorial ini masih relevan jika digunakan sekarang? kan sekaranag wordpress uda ada versi 3.3 (kalo gak salah).

  12. muafa

    O iya, di tunggu juga tutorial membuat tema WP menggunakan file setarter _S ( underscores.me ) šŸ™‚ . Thanks

  13. uychi

    Parse error: syntax error, unexpected end of file in C:\xampp\htdocs\wordpress\wp-content\themes\websitedesign\index.php on line 100

    itu kenapa ya? mohon pencerahannya. Tks

    1. phohan

      sama ini kasusnya,isi dari index.php ,belum bisa tampil, versi wordpress yang terinstal 3.8.pertanyaannya,themes yg sedang dibahas ini utk versi wp tertentu atau utk segala versi,Kang Lutvi ?

      1. phohan

        yup sudah bisa.file selain index. dan style.css, di pndah di folder lain aja / dihapus dulu,nanti pasti tampil sesuai penjelasan.sipp

  14. Jasa Pembasmi Rayap

    Usually I really don’t examine article about sites, but I would choose to claim that this write-up incredibly pressured everyone to undertake the item! Your current crafting tastes is pleasantly surprised me personally. Many thanks, very good content.

  15. read this article

    I simply want to say I’m all new to blogging and site-building and actually enjoyed this website. Very likely Iā€™m going to bookmark your blog post . You amazingly have wonderful stories. Cheers for sharing your web-site.

  16. Brandon Kuchta

    You made some respectable points there. I seemed on the internet for the difficulty and found most individuals will go along with together with your website.

  17. Kyung Keasey

    This is really interesting, You are a very skilled blogger. I’ve joined your rss feed and look forward to seeking more of your fantastic post. Also, I’ve shared your web site in my social networks!

  18. Jung Miosky

    Thank you for sharing superb in sequence. Your web position is hence cool. I’m impressed by the details that you have on this web situate. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this website page, will come in exchange for more articles.

  19. Anneliese Tynon

    Hey there just wanted to give you a quick heads up. The text in your article seem to be running off the screen in Internet explorer. I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with web browser compatibility but I figured I’d post to let you know. The style and design look great though! Hope you get the problem resolved soon. Kudos

  20. Broderick Ramey

    I have been browsing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. In my opinion, if all website owners and bloggers made good content as you did, the net will be a lot more useful than ever before.

  21. Jeremy Goren

    May I simply just say what a relief to find somebody that really understands what they are discussing online. You certainly know how to bring an issue to light and make it important. More and more people ought to look at this and understand this side of the story. It’s surprising you’re not more popular since you definitely possess the gift.

  22. Micheal Grybel

    Great post. I was checking continuously this blog and I’m impressed! Extremely useful information particularly the last part šŸ™‚ I care for such information a lot. I was looking for this particular information for a long time. Thank you and good luck.

  23. Craig Lanigan

    I go through quite a few of your blogs inside the food and drink group plus they are all informative in one way or another. I really like foods and have an excellent deal of food items layout knowledge. Remember to

Comments are closed.