Membuat WordPress lebih Enteng!!

Permasalahan terbesar dari WordPress adalah scriptnya terbilang cukup berat. Bagi yang pengunjungnya masih dibawah 5000 UV / hari mungkin tidak akan terasa. Nah, jika pengunjung blog anda sudah mendekati angka tersebut atau setidaknya sudah 4000-an maka anda sudah wajib menjalankan tips berikut ini:

Gunakan plugin wp super cache

Langkah awal paling mudah adalah dengan menginstall WP Super Cache di WordPress anda. Plugin ini sangat powerful untuk mengurangi beban server saat terjadi traffik besar ke blog anda. Anda bisa gunakan menu Add New Plugins dan cari wp super cache untuk menginstall-nya langsung ke wordpress anda. Biasanya setelah plugin ini terpasang, WP akan jauh lebih ringan bagi server. Beberapa rekan yang mengukurnya, menyatakan bahwa penghematannya bisa mencapai 40%. Tapi jika sudah terlalu besar traffik-nya, anda harus menjalankan metode ini

Kurangi penggunaan database yang sama terus menerus

Coba cek themes anda. Biasanya karena themes tersebut dipakai oleh banyak orang, maka pembuatnya mengaturnya agar fleksibel sehingga bisa mengikuti keinginan penggunanya dengan mudah. Tapi jika pengunjung anda sudah besar, anda harus menghilangkan fungsi-fungsi ini. Apa aja itu?

  1. Ganti kode <?php bloginfo();?> dengan isinya langsung. Misalnya bloginfo(‘url’) diganti dengan URL blog. Lalu bloginfo(‘name’) diganti dengan nama blog, dll.
  2. Ganti kode menampilkan category dan page dengan HTML langsung. Jika pengunjung sudah banyak, biasanya anda sudah jarang lagi mengutak-atik kategori. Nah, daripada WP memanggil terus list kategori sehingga membebankan database, maka sebaiknya di ganti aja dengan HTML biasa.
  3. Jangan menggunakan widget. Di awal mungkin sangat menyenangkan memakai widget, tapi seiring waktu, sudah saatnya anda meninggalkannya dan beralih ke HTML langsung. Ini akan sangat meringankan beban server anda.
  4. Kurangi plugin-plugin yang tidak urgent. Ini mungkin langkah terakhir anda. Jika hal-hal diatas masih juga membebani server, maka anda harus mengurangi plugin-plugin yang tidak penting.

Membuat blog bayangan

Ini sedikit rumit menjelaskannya. Jadi begini, intinya anda memindahkan database blog ke subdomain rahasia. Nah, anggap aja ini sebagai blog admin dimana anda bisa mengisinya dengan leluasa. Pengunjungnya ya anda sendiri, tapi isinya sama dengan blog inti nanti.

Kemudian dengan pengetahuan PHP dan MySQL, anda akses deh database WordPress anda di subdomain tersebut. Atur tampilannya biar mirip-mirip blog. Insya Allah dengan cara ini dijamin enteng deh.. hehehe… Kalau nggak ngerti maksudnya lupain aja deh, cuma ngasih gambaran aja bagaimana cara paling efektif meringankan WordPress. Itupun kalau pengunjung aja sudah mencapai 20.000-an sehari dan anda masih tetep ingin bertahan di shared hosting.

Nah, mudah-mudahan itu bisa jadi solusi bagi rekan-rekan semua. Urutan diatas sudah diatur dari yang termudah hingga yang tersulit. Moga bermanfaat

Dicari dengan kata kunci:

template wordpress paling ringan,Tema wordpress ringan,theme wordpress paling ringan,theme wordpress yang ringan,memperingan wordpress,template wordpress yang ringan,tema wordpress paling ringan,cara membuat wordpress ringan,template wordpress ringan,tema wordpress yang ringan