Categories
Plugin WordPress

Plugin-plugin WordPress untuk SEO

Untuk memudahkan kita menang di pertarungan search engine, ada beberapa plugin yang bisa kita pasang di blog. Plugin ini akan mengubah beberapa aturan default WordPress sehingga bisa meningkatkan performa blog kita di Search Engine. Apa sajakah itu?

All in One SEO Pack / Platinum SEO

Anda bisa memilih salah satu karena fungsi keduanya hampir sama. Ini adalah plugin standart SEO yang sering dipakai oleh pada pebisnis online dalam meningkatkan performa websitenya di search engine. Plugin ini akan melakukan:

  • Perubahan susunan title artikel blog sehingga lebih SEO Friendly
  • Menambah tag canonical untuk menghindari konten sejenis dalam blog kita
  • Menambah meta description dan meta keyword

Google XML Sitemap Generator

Plugin ini bertugas mengelola file sitemap kita sehingga robot google bisa dengan mudah menjelajahi seluruh isi blog kita. Sitemap juga berfungsi untuk mempertegas mana konten asli kita dan mana konten yang bukan buatan kita (misalnya konten hasil search atau halaman 404).

Yet Another Related Post

Plugin ini dipakai untuk memunculkan artikel-artikel sejenis. Dengan demikian inbound link dari sesama artikel akan semakin kuat

Smart Link

Plugin ini dipakai untuk memasang link ke artikel lain dari suatu artikel. Jika ditemukan kata yang dipakai sebagai judul di artikel lain, maka secara otomatis link akan mengubahnya dan memberikan link ke artikel tersebut

SEO Search Term Tagging

Plugin ini akan mencatat kata kunci yang dipakai oleh pengunjung saat menemukan blog atau artikel kita. Catatan ini bisa dimunculkan di bawah artikel maupun di sidebar yang akan meningkatkan jaringan kata kunci yang kita target di search engine.

Masih banyak plugin-plugin lain yang bisa kita manfaatkan dengan fungsinya masing-masing. Tapi insya Allah dengan beberapa plugin diatas kita sudah bisa lebih diperhitungkan di search engine

By Lutvi

Bukan Ustadz, bukan Dai apalagi Kyai. Juga bukan guru. Hanya sekedar santri miskin ilmu yang coba mengamalkan 1 ayat warisan dari para ulama. Saat ini diamanahi menjadi admin web WordPress Indonesia

45 replies on “Plugin-plugin WordPress untuk SEO”

Tidak ada jumlah ideal karena masing-masing plugin kan tidak sama penggunaan resource hostingnya. Tapi rata-rata 10 plugin sudah cukup aman kok.

Memang btul, tapi setiap plugin mempunyai fungsi tersendiri dengan kata lain jika kita membutuhkan fungsi dari plugin tersebut, yah walaupun memberatkan loading, sepertinya memang harus kita tanggung,,,

kLO ngomongin Plugins di WordPress g ada habisnya, karena memang banyak sekali pilihan plugin di WP, kita pilih secukupnya saja yang sesuai kebutuhan.

Kebanyakan memakai Plugins juga akan mempengaruhi kinerja website(yang Hosting).. karena akan memakai banyak resource.

Terima kasih sebelumnya atas infonya.
Tapi, saya mau tanya. Apa ada plugins buat bikin archive menjadi page di breadcumb di bagian atas blog, sperti Home, About, Contact Us.

Mohon tanggapannya.

Kalau untuk membuat seperti itu tidak perlu plugin. Cukup pakai page aja sudah bisa. Untuk menampilkannya pilih aja themes yang menyediakan fasilitas custom menu seperti themes twenty teen yang dipakai di blog ini

salam kenal for all, by masta,
semoga persahabatan kita terjalin dengan baik,
saling tegur sapa, saling senyum, saling mengingatkan,
saling memahami kelebihan dan kekurangan kita satu sama lain, dan tentunya yang tak kalah penting saling mensuport.
Jazakallah! makasih infony kang

Pak mohon pencerahannya.
WP saya bermasalah, tiap di-instal plugin kemudian diaktifkan muncul kode error “Fatal error: Allowed memory size of 33554432 bytes exhausted (tried to allocate 393216 bytes) in C:\AppServ\www\wordpress\wp-admin\menu.php on line 254”. Bagaimana cara mengatasinya?
Satu lagi, cara menggntu permalink gimana, soalnya tiap saya ganti error terus. Misal dari http://localhost/wordpress/?p=123 menjadi http://localhost/wordpress/products, saya refresh, halamannya nggak bisa ke-load.
Terimakasih

kalo saya mo menggunakan ‘SEO Search Term Tagging’, apa gag nglanggar TOD nya Adsense gan..? makasih infonya gan. sekalian mo kasi tau sekarang saya bisa bikin theme WP gara blognya aga.., thx

dulu sempet pake seo smart links, tapi sekarang udah gak pake lagi, soale kayaknya lbh bagus manual daripada pake plugin itu. yang sekarang masih dipake platinum seo pack, google xml, sama STT2

Katanya untuk plugin STT2 bisa membuat tidak seo friendly karena membuat tagging yang tidak relevan..apa benar demikian mas ? trima kasih atas jawabannya…saya penasaran ingin coba namun masih khawatir

I simply want to tell you that I’m newbie to blogging and site-building and definitely loved this web blog. Probably Iā€™m likely to bookmark your blog . You absolutely have perfect article content. Cheers for revealing your website.

My brother suggested I might like this blog. He was totally right. This post actually made my day. You can not imagine simply how much time I had spent for this info! Thanks!

of course like your web-site but you need to check the spelling on several of your posts. Many of them are rife with spelling problems and I find it very bothersome to tell the truth nevertheless I will certainly come back again.

Heya this is a fantastic piece. I’m free to transmit this to my associates. I stumbled on this while browsing by google I’ll live positively to extend move backward. gratitude for sharing.

I think this is among the most significant information for me. And i am glad reading your article. But should remark on some general things, The web site style is ideal, the articles is really excellent : D. Good job, cheers

Oh my goodness! Impressive article dude! Thank you, However I am experiencing troubles with your RSS. I donā€™t understand why I can’t join it. Is there anybody having similar RSS issues? Anybody who knows the answer can you kindly respond? Thanks!!

Hi, i think that i saw you visited my weblog so i came to ā€œreturn the favorā€.I’m trying to find things to improve my web site!I suppose its ok to use a few of your ideas!!

Comments are closed.