Siapkah untuk WordPress 3.2?

Rasanya tak butuh waktu lama lagi sebelum WordPress 3.2 muncul. Versi terbaru ini punya banyak perbedaan mencolok dibanding versi-versi sebelumnya. Salah satunya yang cukup merepotkan bagi para hoster jadul adalah spesifikasi minimal yang wajib dipenuhi sebelum anda bisa menggunakan WordPress 3.2.

Sebagaimana pernah saya jelaskan di artikel yang lalu, WordPress 3.2 membutuhkan setidaknya PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0. Maka, segera periksa cpanel hosting anda dapat lihat apakah mereka sudah menggunakan PHP dan MySQl versi itu atau diatasnya. Kalau di bawah itu, maka hanya ada 2 opsi untuk anda, memaksa pihak hosting upgrade atau pindah hosting lain.

Bagi anda yang mengikuti petunjuk ebook Mastering WordPress 3.1 maka sudah saatnya juga anda mengupgrade AppServ-nya. Di ebook tersebut saya menggunakan versi 2.5.9 yang ternyata PHP-nya cuma versi 5.2.3. Maka anda harus download AppServ versi 2.5.10 agar kompatibel dengan WordPress terbaru nanti.

Hal lain yang mencolok adalah tampilan dashboard dan themes defaultnya. Menurut saya dashboard themesnya yang keren, sedangkan themes Twenty Eleven-nya kurang sip. Terlalu besar di headernya. Tapi ndak masalah toh kita tetap masih bisa menggunakan themes kesayangan kita masing-masing. Dashboard-nya kali ini berwarna kombinasi putih, abu-abu muda dan abu-abu tua. Sidebarnya juga lebih ramping sehingga ada banyak space untuk pengelolaan domainnya. Lihat gambar ini:

Tampilan Dashboard WP 3.2

Di bagian dashboard-nya anda bisa mendapatkan peringatan berwarna orange jika menggunakan browser yang jadul dan nggak up to date.

Dan yang keren adalah sarana untuk postingg artikel. Ada tombol untuk melakukan editing full screen. Yup, mungkin buat anda ini biasa karena sejak dulu juga ada. Yang membedakan adalah kali ini kita bisa menggunakan mode HTML juga untuk full screen-nya. Jadi anda bisa pindah-pindah dari Visual ke HMTL atau sebaliknya. Bukan itu saja, tampilan editornya juga memaksa kita untuk fokus ke pekerjaan dengan menghilangkan semua tool-tool yang berderet diatas saat kita mulai mengetik. Tapi begitu kita butuh tool-nya dan mengarahkan mouse ke atas maka sim salabim tool-tool itu muncul lagi. Keren kan?

Walaupun full screen, tapi box-nya dibuat tetap seperti ukuran themes-nya (mungkin ini karena pakai twenty eleven belum coba di themes lain).

Pada admin bar, telah ditambahkan beberapa tautan baru. Jika sebelumnya dalam menu Add New hanya ada tambah post dan page saja. Sekarang semua add new dimasukkan. Mulai Post, Page, Media, Link, User, Plugin bahkan Themes.

Itulah beberapa perbedaan yang terlihat mata. Ada juga nama menu yang berubah sehingga lebih mudah dimengerti. Misalnya untuk menampilkan semua post, dulu kita pakai Posts – Posts. Ini agak aneh kalau dijelaskan ke mereka yang bertanya kan? Nah, sekarang dirubah jadi Posts – All Posts atau kalau dalam bahasa Indonesia-nya Tulisan – Semua Tulisan.

Anda bisa mencoba mendownload versi 3.2 RC3 sekarang untuk menguji apakah server anda siap dengan kehadiran WordPress 3.2 ini dan apakah semua plugin dan themes yang anda pakai juga sudah support. Jika belum sampaikan pada pengembangnya agar mereka melakukan perbaikan yang diperlukan.

Dicari dengan kata kunci:

Agar Tema Wp Support Menu,Kapan HTML Versi 3 2 ada,kertas sobek,menghilangkan tombol search wordpress twenty eleven,menghilangkan tanggal postingan twenty eleven wordpress,di menu dashboard wordpress kok tidak ada menu tautan,cara mengganti ukuran header theme twenty eleven,cara mengatasi php 5 2 4,wp 3 2 lebih seo dari wp 2 5,bagaimana menghilangkan posted on pada twenty eleven