WordPress: Sebagai Alternatif CMS

Keberadaan WordPress sudah saya ketahui beberapa tahun yang lalu, pada waktu itu terus terang WordPress hanya saya pandang sebelah mata saja, karena saat itu saya pikir WordPress tak lebih dari sebuah webbased software yang hanya digunakan untuk membuat blog dan tidak lebih dari itu, demikian piciknya saya saat itu.

Setelah beberapa tahun berlalu dimana teknologi web semakin maju atau dikenal dengan Web 2.0, dan website banyak yang dibuat dengan menggunakan CMS (Content Management System) yang canggih seperti Joomla, Drupal, dan untuk toko online ada os-Commerce, Prestashop dan lain-lain, tampaknya WordPress pun kini tidak bisa dipandang sebelah mata lagi.

Kenapa saya katakan tidak bisa dipandang sebelah mata lagi, karena memang WordPress saat ini bisa digunakan lebih dari sekedar web blog, bahkan sudah bisa digunakan sebagai sebuah CMS dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya. Antara lain, seperti sudah kita ketahui bahwa WordPress sudah mendukung SEO, sehingga kita tinggal melakukan setting dan mungkin menambah sedikit plugin untuk lebih memaksimalkan proses SEO. Selain itu dengan dukungan banyaknya plugin yang semakin mempermudah pengaturan tampilan dan fungsi dari website yang kita bangun dengan WordPress, dan hampir semua plugin tersebut bisa kita dapatkan dengan gratis, tinggal download dan install saja.

Lebih hebatnya lagi,  saat ini kita bisa membangun sebuah toko online dengan menggunakan WordPress, hal ini bisa terjadi dengan adanya beberapa plugin yang khusus dirancang untuk membuat toko online, salah satunya adalah wp-e-commerce. Plugin ini bisa menampilkan barang berdasarkan, kategori ataupun merk suatu produk.

Selain itu pada setiap produk yang kita tampilkan bisa kita set pilihan warna, ukuran, dll sesuai dengan kebutuhan kita. Demikian juga untuk proses pembayarannya juga sudah mendukung beberapa sistem pembayaran yang ada, seperti Paypal.

Salah satu contoh toko online yang dibuat menggunakan WordPress adalah Gerai Muslimah Kinanthi, hanya saja pada toko ini tidak menggunakan semua fasilitas yang ada pada plugin wp-e-commerce, tapi setidak-tidaknya Anda mempunyai sedikit bayangan seperti apa toko online yang dibangun menggunakan WordPress dengan plugin wp-e-commerce.

Dengan WordPress ini kita juga bisa membangun sebuah website yang lengkap dengan memuat beberapa halaman yang dibutuhkan, nah ini lagi salah satu kelebihan WordPress saat ini. Tinggal kita cari theme yang sesuai dengan website yang kita bangun, atau kita buat desain sendiri, atau kalau memang diperlukan kita juga bisa membeli theme pada pembuat theme WordPress yang tersebar di internet.

Memang tulisan ini bukanlah sebuah referensi teknis tapi hanya sebuah pandangan tentang keberadaan dan kelebihan WordPress saat ini yang bisa kita jadikan sebuah alternatif pilihan dalam menentukan CMS yang bisa kita gunakan dalam membangun sebuah website.

Dicari dengan kata kunci:

contoh toko online wordpress,wordpress adalah,CMS wordpress,contoh toko online dengan wordpress,contoh wordpress toko online,cms wordpress adalah,contoh toko online menggunakan wordpress,contoh cms wordpress,contoh website yang menggunakan wordpress,contoh web cms wordpress