Memecah File Themes


Baiklah, karena ke depan kita akan melakukan modifikasi themes yang lebih expert lagi, rasanya akan sangat memusingkan kepala kalau kita masih juga bekerja dengan 1 file index.php dan 1 file functions.php kita butuh file-file lain untuk mengelola semua tampilan themes. Sekaligus memperkenalkan masing-masing fungsi file yang biasanya terdapat di themes2 gratisan.

Baiklah, sebagai awal, silahkan anda buka file index.php didalam file ini sebenarnya terkandung banyak file hehehe… Tapi anda tidak sadar kan? Baiklah. Untuk awalnya, kita pecah dulu file index.php ini menjadi 3 file yaitu header.php, index.php dan footer.php

Sebenarnya suka-suka hati anda sih mau memecahnya dimana. Kalau saya biasanya untuk footer, saya ambil dari baris paling awal hingga kode

. Jadi

akan tetap di index.php Ini isi file header.php saya


   
     
     
     <?php 
        wp_title( '|', true, 'right' );
      bloginfo( 'name' );
     ?>
     
     
     
	 
    
      
   
    

Untuk footer, kita ambil mulai

sampai terakhir seperti ini:

     

Sisanya biarkan tetap di index.php

Karena kodenya sudah dipecah di 3 file, maka kita perlu menyatukan lagi hehehe…. Ribet banget ya? Ngapain dipecah kalau disatukan lagi xixixixi… Tujuannya agar kita tidak perlu membuka seluruh kode hanya karena ingin mengedit satu atau dua baris kode aja.

Untuk memanggil header dan footer kita gunakan fungsi:

dan

Tempatkan di baris paling atas dan paling bawah index.php Nah sekarang index.php anda sudah siap dan sudah terpecah. Berikutnya, jika kita mau mengedit bagian header dan menu navigasi, kita cukup membuka file header.php dan kalau mau mengedit footer sudah pasti file footer.php yang kita ambil.

Trus file yang lain gimana bos? Tenang, kita istirahat sejenak. Insya Allah besok dilanjut lagi