Penyakit yang Akan Membuat Web Anda Terlempar Dari Pejwan


Ada satu penyakit yang membuat konten berkualitas Anda menjadi sia-sia. Artikel ribuan kata yang sudah Anda tulis berjam-jam menjadi tidak berguna, padahal artikel itu original, unik dan cukup informatif. Dan menurut penilaikan Panduan IM, artikel itu sudah panjaang dan dalaam.

Bukan cuma sia-sia, penyakit ini pula yang akan menurunkan ranking web Anda di masa depan. Padahal Anda sudah susah payah membayar jasa SEO untuk menaikkan rankingnya. Anda sudah menggunakan Tool untuk grab ribuan backlink dan Anda sudah menghabiskan biaya besar untuk berpromosi. Toh lambat tapi pasti ranking web Anda akan menurun dan tahu-tahu hilang dari pejwan. (Pejwan plesetan dari kata Page One; posisi di halaman pertama mesin pencari).

Ah tidak kok. Web saya masih gagah perkasa di Pejwan,” begitu mungkin sanggah Anda.

Bila PENYAKIT  ini masih ada di web atau blog Anda, penurunan ranking tinggal menunggu waktu.

Sayangnya, penyakit ini hampir ada pada semua web. Bahkan web-web yang tercatat sebagai web authority.  Tapi biasanya Web- Web Authority segera menyadari gawatnya situasi dan segera membuat perbaikan.

Kok gawat sekali? Apa sebetulnya SATU HAL itu? Jawabnya adalah Site Speed atau kecepatan loading situs web.

Sejak 2010 Google telah menkonfirmasi bahwa kecepatan loading sebuah situs web adalah salah satu faktor penentu ranking.

— that’s why we’ve decided to take site speed into account in our search rankings.

Source: https://webmasters.googleblog.com/2010/04/using-site-speed-in-web-search-ranking.html

Misalnya Anda sedang membuka sebuah Web Toko Online, apakah Anda mau untuk berbelanja  di Toko Online yang butuh waktu agak lama untuk menunjukkan produk yang dijual? Kebanyakan, jawabannya adalah tidak. Maka konten sebagus apapun tidak akan terbaca, produk semurah apapun tidak akan terjual — bila Site Speed lambat.

Jadi bila Anda pemilik Toko Onlne itu, Anda harus segera memperbaiki faktor slow speed ini, atau Anda rela pendapatan Toko Online Anda menurun.

Berapa lama Site Speed ideal? Biasanya user menyukai bila seluruh konten sius web terbuka secara lengkap dalam 2 detik atau kurang. Lebih dari 2 detik user akan memilih untuk berkunjung ke situs web lain. (Sumber: survey Akamai)

Pengunjung web manapun tentu suka dengan web yang fastload, sebaliknya mangkel dengan web yang slowload. Maka prestasi web cafebisnis hingga speed scorenya 99% adalah sesuatu yang pantas disyukuri. Kita tunggu saja kapan Cak Lutvi akan mengadakan tasyakkuran. 😀

Google sebagai Search Engine modern sangat mementingkan kepuasan user. Pekerjaan Google yang nomor satu adalah memberi kepuasan kepada semua user yang menggunakan Google sebagai search engine. Maka bila user tidak suka dengan halaman web yang lambat loadingnya, Google pun demikian.

Google sebagai panitia di search engine nantinya akan memilih web-web fast loading saja yang bertengger di halaman depan. Maka amat logis bila Google menetapkan fastload adalah syarat mutlak kenaikan ranking halaman web.

Memang Google tidak memberikan reward kepada web-web yang fastload, tapi Google akan memberi hukuman kepada web-web yang slowload.” (Brian Dean, Backlinko.com)

Saat ini mungkin web Anda masih bisa bertahan pada ranking tinggi di Search Engine sekalipun nilai speed scorenya rendah. Namun percayalah bahwa dalam waktu tidak terlalu lama bila anda tidak memperbaiki kelemahan ini segera, jangan kecewa bila ranking web Anda akan turun drastis.

Begitu pula web Anda yang masih belum ranking di search engine tapi sudah fastload, percayalah tak lama lagi web Anda akan mengalami kenaikan ranking. (Syarat dan Ketentuan berlaku. :v )

Ohya sebelumnya saya perlu angkat topi pada web cafebisnis.com. Kenapa? Karena nilai PageSpeednya 99%(!). Apa artinya ini? Artinya, web ini super cepat loadingnya menurut data gtmetrix, kecepatan loading web ini sampai fully loaded adalah 1,7 detik. Amazing!

Tentu ada banyak faktor lain yang juga menentukan ranking itu, dan fastload adalah salah satu yang terpenting dalam SEO Moderen.

Sebentar. SEO Moderen?  Memang dari mana saya tahu tentang SEO Moderen? Apa saya selalu mengintip update terbaru dari Google Support? Nggak harus begitulah.

Begini sudare, algoritma Google mungkin selalu update, tetapi ada prinsip utama yang merupakan benang merah dari semua algoritma Google itu yang tidak pernah berubah.

Google ingin agar user (pengguna internet) terjamin kepuasannya dalam berselancar di dunia maya menggunakan Jasa Google. Makanya relevansi masuk dalam persyaratan Google, kualitas konten masuk juga; dan YANG PALING AWAL adalah fastload juga masuk dalam persyaratan Google.

Konten yang buruk akan membuat tinggi nilai bounce rate: web Anda akan ditutup secepat dibukanya. Tetap slow loading membuat web Anda akan ditinggalkan sebelum terbuka.

Gawat bukan?