Sudahkah anda Mencoba Gutenberg


Gutenberg adalah editor yang akan menjadi editor default wordpress. Editor ini mirip-mirip page builder dimana semua komponen artikel dijadikan block yang dapat dipindah-pindah dengan mudah.

Tadinya saya pikir akan sangat merepotkan kalau nulis artikel harus mengikuti prosedur yang sama dengan membuat sales letter. Jadi harus geser-geser block-nya ke lokasi yang diinginkan lalu menulis lalu nambah block lagi, dst.

Eh ternyata setelah saya coba, Gutenberg ini justru simple. Saat menulis artikel, anda tidak akan merasa sedang memakai editor yang lain karena begitu anda tekan enter anda sudah otomatis dibuatkan satu block paragraf baru dan berpindah ke block itu. Jadi tidak perlu geser-geser lagi.

Hal lain yang menurut saya cukup menarik adalah ketika anda ingin memasukkan sebuah gambar atau screenshot misalnya, anda tidak perlu lagi menyimpannya ke komputer lalu upload ke media seperti biasanya. Dengan Gutenberg anda tinggal copy paste saja gambar yang anda inginkan dan gambar itu akan terupload secara otomatis ke wordpress

Contoh hasil copy paste screenshot

Namun untuk copy paste gambar dari web lain, gambarnya masih tetap ada di web tersebut dan tidak terdownload ke website kita. Kalau menurut saya ini kurang nyaman. Tapi kalau diakalin bisa sih, caranya kita screenshot saja gambarnya lalu paste di sini hehehe….

Image result for Gutenberg
Contoh copy paste dari Google Image. Gambar hanya di hotlink saja

Gutenberg masih belum jadi editor utama wordpress. Tapi anda sudah bisa mencobanya dengan menginstall plugin gutenberg. Saya sarankan anda mulai membiasakan diri menggunakan editor ini karena cepat atau lambat wordpress akan menjadikannya sebagai editor utama.